SCAMPER
adalah suatu teknik yang dapat digunakan untuk memicu kreativitas dan
membantu para guru dalam mengatasi setiap tantangan yang mungkin
dihadapi dalam setiap melaksanakan pembelajaran siswa. SCAMPER didasarkan pada pemikiran bahwa segala sesuatu yang baru merupakan modifikasi dari sesuatu yang sudah ada.
SCAMPER merupakan
akronim dari setiap huruf menggambarkan cara yang berbeda dari yang
sudah ada untuk memicu dan menghasilkan ide-ide baru dalam pembelajaran,
baik yang berhubungan dengan tempat, prosedur, alat, orang, ide, atau
bahkan suasana psikologis:
- S = Subtitute (Mengganti)
- C = Combine (Menkombinasikan)
- A = Adapt (Mengdaptasi)
- M = Magnify (Memperbesar)
- P = Put to Other Uses (Meletakkan ke Fungsi Lain)
- E = Eliminate (Menghilangkan atau Mengecilkan)
- R = Rearrange/Reverse (Mengatur ulang)
Subtitute
adalah berusaha memikirkan dan melakukan penggantian bagian dari
masalah yang berkaitan dengan proses maupun hasil pembelajaran, dengan
sesuatu yang berbeda dari sebelumnya.
Combine adalah
berusaha memikirkan dan melakukan penggabungan dua atau lebih bagian
tertentu dari masalah yang berkaitan dengan proses maupun hasil
pembelajaran untuk menciptakan proses atau hasil yang berbeda.
Adapt adalah
berusaha memikirkan dan melakukan adaptasi ide yang sudah ada untuk
memecahkan masalah yang berkaitan dengan proses maupun hasil
pembelajaran Anda,
Magnify adalah
berusaha memikirkan dan melakukan untuk pembesaran atau perluasan ide
Anda yang dapat memberikan nilai tambah atau memberikan wawasan baru
tentang komponen-komponen pembelajaran apa yang paling penting.
Put to Other Uses menempatkan
ide Anda saat ini ke dalam bentuk lain sehingga dapat memecahkan
masalah proses maupun hasil pembelajaran yang Anda hadapi.
Eliminate adalah
berusaha memikirkan dan melakukan penyederhanaan, pengurangan atau
penghilangan komponen-komponen tertentu sehingga Anda dapat lebih fokus
pada bagian atau fungsi yang paling penting.
Rearrange/Reverse berusaha
memikirkan dan melakukan upaya penyusunan atau penataan ulang yang
berbeda dari komponen atau prosesur yang sudah ada sehingga dapat
memberikan nilai tambah dibandingkan dengan sebelumnya.
Untuk menggunakan teknik SCAMPER,
terlebih dahulu perlu dirumuskan secara jelas masalah pokok
pembelajaran yang ingin dipecahkan, ditingkatkan atau dikembangkan,
baik yang berkaitan dengan proses maupun hasil. Bisa dirumuskan dalam
bentuk pertanyaan, misalnya:
- “Bagaimana saya dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang saya lakukan?”
- “Bagaimana saya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran yang saya lakukan?”
- “Bagaimana saya dapat mengembangkan proses pembelajaran yang menyenangkan?”
Selanjutnya, dengan mengacu pada resep SCAMPER,
rumuskan beberapa pertanyaan spesifik yang berkaitan dengan apa yang
ingin Anda kembangkan dalam proses pembelajaran, sesuai dengan tantangan
dan permasalahan yang Anda hadapi.
Pertanyaan-pertanyaan ini akan mendorong
Anda untuk berpikir secara berbeda tentang masalah proses pembelajaran
yang Anda lakukan, dan pada akhirnya Anda dapat menemukan solusi
inovatif.
Berikut ini disediakan contoh format
tentang beberapa pertanyaan yang dapat diajukan dalam upaya memperbaiki
dan meningkatkan metode pembelajaran yang Anda lakukan:
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
S = ”Apa yang bisa saya ganti dalam metode pembelajaran yang saya lakukan?” |
…………………………………………………….
…………………………………………………….
…………………………………………………….
|
C = ”Bagaimana saya bisa menggabungkan metode pembelajaran yang saya lakukan dengan metode pembelajaran lain?” |
…………………………………………………….
…………………………………………………….
…………………………………………………….
|
A = ”Apa yang bisa saya adaptasi dari metode pembelajaran yang telah dikembangkan oleh orang lain?” |
…………………………………………………….
…………………………………………………….
…………………………………………………….
|
M = ”Apa yang bisa saya perbesar atau perluas dari metode pembelajaran yang saya lakukan?“ |
…………………………………………………….
…………………………………………………….
…………………………………………………….
|
P = “Bagaimana saya dapat menempatkan metode pembelajaran yang saya lakukan agar dapat menghasilkan manfaat lain?” |
…………………………………………………….
…………………………………………………….
…………………………………………………….
…………………………………………………….
|
E = “Apa yang bisa saya hilangkan atau sederhanakan dari metode pembelajaran yang saya lakukan?“ |
…………………………………………………….
…………………………………………………….
…………………………………………………….
|
R = “Bagaimana saya dapat mengubah dan menyusun ulang metode pembelajaran yang saya lakukan?“ |
…………………………………………………..
…………………………………………………..
…………………………………………………..
|
Catatan:
Tulisan ini adalah adaptasi dan
modifikasi dari konsep SCAMPER yang dikembangkan dalam dunia bisnis,
tentu masih perlu dielaborasi lebih jauh. Semoga bermanfaat dan selamat
berkreasi dan berinovasi!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar